Cara potong gigi Anak Babi

Pada saat lahir, piglet atau anak babi mempunyai empat pasang gigi atau 8 buah. Piglet atau anak babi yang dilahirkan
Cara Potong gigi anak babi- Gigi Anak Babi Baru Lahir
Anak Babi Memiliki 8 Buah Gigi atau 4 pasang
 Gigi Taring yang Tajam Saat Lahir
biasanya memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Ada yang dilahirkan dengan ukuran tubuh atau bobot yang besar dan ada juga yang dilahirkan dengan bobot atau ukuran tubuh yang kecil. Semakin besar litter size atau semakin banyak jumlah anak yang dilahirkan pastinya akan ada anak babi atau piglet yang dilahirkan dalam bobot atau ukuran tubuh yang kecil.




Setiap induk yang melahirkan anak dalam jumlah yang banyak memiliki kemampuan yang terbatas untuk menyusui. Apalagi bila jumlah anak melebihi jumlah puting susu induk. Susu induk paling banyak terdapat pada puting bagian depan apabila dibandingkan dengan bagian belakang. Anak babi yang berukuran besar pastinya akan mendominasi dengan cara mencari puting susu bagian depan atau pada bagian yang jumlah susunya banyak. Oleh karena itu anak babi atau piglet akan bersaing dengan anak babi lainnya untuk mendapatkan air susu. Salah satunya dengan cara berkelahi atau dengan menggigit anak babi lainnya. Oleh karena itu untuk mengatasi terjadinya luka karena persaingan diantara anak babi maka sangat penting untuk dilakukan pemotongan gigi. Gigi anak babi atau piglet pada saat dilahirkan cukup tajam dan dapat menyebabkan terjadinya luka pada anak babi lainnya. Gigi piglet atau anak babi yang tidak dipotong juga bisa menyebabkan luka pada puting susu induk. Luka tersebut bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri sehingga berpengaruh pada produksi air susu induk yang jelek. Apabila air susu yang dihasilkan terganggu maka akan berpengaruh terhadap asupan nutrisi piglet atau anak babi yang berujung pada kecilnya pertambahan berat badan atau bobot babi. Biaya produksi pun akan semakin meningkat apabila hal ini terjadi dan sangat merugikan peternak baik dalam skala besar maupun skala kecil. Oleh karena itu pemotongan gigi anak babi sangatlah penting untuk dilakukan. 



Sebelum melakukan pemotongan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan : 
  •  
    Teeth Clipper Untuk Potong
    Gigi Anak Babi
    Gunting gigi : Alat yang digunakan untuk memotong gigi anak babi disebut teeth clipper. Alat tersebut berbahan stainless dan untuk mendapatkannya saat ini sangatlah mudah, sudah
    tersedia di toko online.
    Apabila susah untuk mendapatkan dari toko online maka dapat digunakan tang yang berukuran kecil seperti pada gambar dibawah ini. 
    Tang Untuk Potong Gigi Anak Babi- Cara Potong Gigi Anak Babi
    Tang Ini Bisa Digunakan untuk Memotong Gigi Anak Babi

    Tang seperti ini dapat dibeli di toko bangunan. Hal penting yang harus diperhatikan dari alat yang akan digunakan untuk memotong gigi adalah alat tersebut harus dalam keadaan tajam, bersih dan steril.
  • Alat yang digunakan harus bersih dan steril. Pastikan gunting gigi atau tang yang akan digunakan di cuci dan dicelupkan kedalam larutan antiseptik sebelum digunakan. Larutan antiseptik yang dapat digunakan adalah alkohol 70%. 

Cara melakukan potong gigi pada anak babi adalah sebagai berikut:
  • Pastikan tangan operator yang akan melakukan pemotongan dalam keadaan bersih.
  • Anak babi atau piglet yang akan di potong giginya diambil satu per satu. Pegang anak babi dengan tangan kiri (apabila teeth clipper atau tang ditangan kanan).
    Cara Handling Babi Untuk Memotong Gigi- Cara Potong Gigi Anak Babi
    Cara Handling Babi Untuk Memotong Gigi


    Tanda Babi siap kawin klik disini

  • Telinga kanan babi diapiti oleh ibu jari dan jari telunjuk sedangkan telinga kiri diapiti oleh jari kelingking dan jari manis (seperti menjepit telinga) sehingga bisa mengangkat anak babi.
    Cara Handling Babi Untuk Memotong Gigi-Cara Potong Gigi Anak Babi
    Cara Handling anak Babi untuk
    Prosedur Potong Gigi

  • Miringkan kepala anak babi yang sudah diapit menggunakan jari ke salah satu sisi sehingga dapat melihat gigi babi dari samping
  • Masukan gunting gigi pada sepasang gigi sejajar  dengan rahang lalu potong gigi tersebut dengan cepat.
    Cara Memotong Gigi Anak Babi
    Cara Memotong Gigi Anak Babi
    (Tidak Boleh Merusak Gusi)

  • Lakukan hal yang sama untuk ke tiga pasang gigi lainnya
  • Saat melakukan pemotongan perhatikan gusi, lidah dan mulut. Jangan sampai prosedur yang dilakukan melukai gusi, lidah dan mulut. Apabila hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan luka yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi.
  • Pastikan gigi yang baru saja dipotong tepinya rata dan tidak tajam.
  • Teeth clipper atau tang yang dipakai dibersihkan dan direndam atau diusap dengan larutan antiseptik.

1 komentar untuk "Cara potong gigi Anak Babi "

Comment Author Avatar
Dokter, Mau tanya Apakah Gigi Anak babi yang sudah di potong akan tumbuh lagi? Terima kasih Dokter