Steril Jantan (Kastrasi / Kebiri) Anjing dan Kucing

Steril jantan merupakan salah satu prosedur operasi atau pembedahan ringan yang sering dilakukan di Praktik Dokter Hewan Labuan Bajo (drh. Arni). Beberapa klien yang datang masih sering bertanya-tanya tentang apa sebenarnya steril jantan, manfaat dan berbagai mitos tentang hal tersebut.

 

steril jantan, kebiri anjing, kebiri kucing, kastrasi anjing, kastrasi kucing, praktik dokter hewan, praktik dokter hewan labuan bajo, dokter hewan di labuan bajo, dokter hewan labuan bajo, dokter hewan bajo, dokter hewan labuan, dokter hewan, steril anjing dan kucing, steril anjing, steril kucing

Apa itu Steril Jantan ?

Steril jantan dikenal juga dengan istilah kastrasi atau kebiri. Kebiri dilakukan dengan melakukan pembedahan atau operasi kecil untuk mengangkat testis (pengahasil sel sperma) sehingga hewan yang di kastrasi / kebiri tidak bisa membuahi / kawin lagi. 

Pembedahan / operasi kecil tersebut dilakukan dengan melakukan sayatan kecil pada bagian skrotum yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan/pengangkatan testis.

Apa Manfaat Kastrasi / Kebiri ?

  • Menekan Populasi - Hal ini karena anjing yang sudah dikebiri tidak bisa kawin atau membuahi lagi. Kastrasi atau kebiri juga sangat baik dilakukan khususnya apabila anda memelihara hewan jantan atau betina dalam satu rumah atau hewan tersebut cara pemeliharaannya diliarkan.
  • Mengurangi sikap agresifitas 
  • Menghilangkan kemungkinan kanker testis
  • Mencegah terjadinya kanker prostat
  • Mengurangi perilaku seksual dan teritorial seperti urine marking dan menggesek-gesekan penisnya pada kaki pemilik atau benda tertentu. Urine marking merupakan kebiasaan menandai daerah teritorialnya dengan cara urinasi atau kencing pada area atau benda tertentu.

Kepercayaan yang salah Tentang Kastrasi / Kebiri

  • Peningkatan berat badan - Tidak semua anjing atau kucing yang dikebiri / kastrasi akan mengalami peningkatan berat badan namun kemungkinan bisa terjadi. Anda dapat mengurangi atau mengontrol porsi makanan anjing atau kucing anda setelah dikebiri / kastrasi sebanyak 20%.
  • Resiko mati karena bius - Semua prosedur operasi yang memerlukan obat bius total (anestesi umum) tentunya memiliki resiko namun sangat kecil untuk pasien yang sehat. Oleh karena itu sebelum dikebiri akan selalu di cek terlebih dahulu oleh dokter hewan yang bertugas. 
  • Sakit setelah kebiri - rasa sakit mungkin akan dialami setelah operasi namun dapat ditekan menggunakan pemberian obat penghilang rasa sakit.

Kapan Anjing atau Kucing Bisa di Kebiri / Kastrasi ?

Anjing dan kucing bisa di kebiri setelah mengalami dewasa tubuh dan kelamin sehingga pertumbuhan tulangnya tidak terganggu. Setiap ras memiliki waktu pubertas yang berbeda. Biasanya ras kecil memiliki waktu pubertas yang lebih cepat dibandingkan dengan ras besar.

Secara umum anjing atau kucing akan mengalami masa pubertas pada umur 6-7 bulan. Apabila tujuan anda melakukan kebiri adalah untuk menghilangkan perilaku seksual atau teritorialnya (marking) anda bisa melakukannya sekitar umur tersebut. Kastrasi / kebiri dapat dilakukan pada umur yang lebih tua dari itu.

Bagaimana agar anjing atau kucing saya bisa di kebiri / kastrasi ?

Buat Janji Temu atau Langsung ke Tempat Praktik

Kebiri / kastrasi sudah sering dilakukan oleh Praktik Dokter Hewan Labuan Bajo (drh. Arni). Pastikan hewan kesayangan anda dipuaskan minimal 12 jam sebelum dikebiri / kastrasi. Setelah sampai di Praktik Dokter Hewan Labuan Bajo Hewan kesayangan anda akan dicek terlebih dahulu apakah layak atau tidak untuk langsung dioperasi (kebiri/kastrasi).

Anda bisa membuat janji temu terlebih dahulu melalui link diatas atau langsung menuju ke Tempat Praktik Dokter Hewan Labuan bajo (drh. Arni).


 

Posting Komentar untuk "Steril Jantan (Kastrasi / Kebiri) Anjing dan Kucing"