Kelopak Mata Ketiga pada Kucing - Membrana Nictitan pada Kucing

Pernahkah anda mengamati selaput putih  pada tepi dalam mata kucing seperti yang ditujujukan oleh anak panah pada gambar dibawah ini ?

Mengapa selaput putih pada mata kucing tersebut hanya muncul di saat-saat tertentu ?

Pernahkan anda mengamati mata kucing dengan seksama ?

Kelopak Mata Ketiga pada Kucing, Membrana Nictitan pada Kucing, selaput putih pada mata kucing, mata bengkak pada kucing, mata merah pada kucing, kucing sakit, kucing dekidrasi, kucing sakit mata, kucing mata bengkak, kucing mata merah, kucing infeksi mata
Selaput Putih pada Mata
 (Membrana Nictitan)

Pertanyaan yang hampir sama seperti diatas merupakan pertanyaan dari beberapa klien atau pemilik kucing saat konsultasi kesehatan hewan melalui beberapa media sosial. Pertanyaan tersebut tidak akan muncul apabila pemilik kurang peduli terhadap kucing peliharaannya. Tingginya kepedulian kita terhadap hewan peliharaan pastinya akan membuat kita selalu mencari tahu penyebab kejanggalan yang kita amati pada peliharaan kita, seperti yang terjadi pada selaput mata kucing tersebut.

Selaput pada mata kucing seperti gambar diatas biasa disebut dengan kelopak mata ketiga atau membrana nictitan. Kucing merupakan salah satu hewan spesial yang mempunyai kelopak tersebut karena tidak semua hewan memiliki membrana nictitan. Membrana nictitan merupakan suatu selaput atau membran transparan yang berada pada ujung dalam mata kucing dan berfungsi untuk melindungi mata. Membran ini tersembunyi dibagian dalam kelopak mata bawah dibawah konjungtiva. Disebut kelopak mata ketiga karena seperti yang diketahui bahwa kelopak mata kucing yang terlihat adalah kelopak mata atas dan kelopak mata bawah, sehingga membran tipis yang ketiga ini disebut sebagai kelopak mata ketiga.

Hal unik dari membrana nictitan adalah membran ini tidak selalu terlihat setiap hari. Membrana nictitan atau kelopak mata ketiga pada kucing ini hanya muncul pada saat-saat tertentu. Apabila membrana nictitan muncul dalam waktu yang singkat dapat dikatakan bahwa kucing tersebut masih dalam keadaan normal karena membrana nictitan atau kelopak mata ketiga sedang menjalankan fungsinya sebagai proteksi atau perlindungan terhadap mata.

Baca juga faktor-faktor yang mempermudah feline panleukopenia Klik di sini

Lalu apa artinya jika membrana nictitan atau kelopak mata ketiga kucing terlihat atau menonjol dalam waktu yang cukup lama seperti pada gambar di atas ???

 

Beberapa kemungkinan ini bisa saja terjadi apabila membrana nictitan atau kelopak mata ketiga muncul atau kelihatan pada mata kucing.

 

Penyakit Mata

Membrana nictitan atau kelopak mata ketiga akan muncul apabila terjadi infeksi atau adanya peradangan pada mata.

Demam

Apabila kucing sedang demam pada umumnya kelopak mata ketiga atau membrana nictitan akan muncul.

Dehidrasi

Dehidrasi yang terjadi pada kcuing karena penyakit tertentu atau pada hewan yang sudah tua juga menyebabkan membrana nictitan atau kelopak mata ketiga pada kucing menonjol.

Kerusakan Saraf

Hal ini berkaitan dengan saraf simpatik pada kucing. Kerusakan saraf  yang terjadi pada daerah wajah  dan leher kucing menyebabkan membrana nictitan atau kelopak mata ketiga pada kucing muncul.

Gangguan Pencernaan

Biasanya kucing mengalami diare saat membrana nictitan atau kelopak mata ketiga baru muncul. Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh parasit, bakteri maupun virus dapat menyebabkan menonjolnya atau munculnya membrana nictitan atau kelopak mata ketiga pada kucing.

Meskipun anda telah memahami beberapa arti dari munculnya kelopak mata ketiga atau membrana nictitan pada kucing, penentuan diagnosa yang tepat berkaitan dengan munculnya tanda tersebut hanya dapat dilakukan oleh dokter hewan dengan mempertimbangkan berbagai temuan klinis lainnya dalam pemeriksaan. Oleh karena itu segera bawa kucing kesayangan anda ke dokter hewan apabila membrana nictitan atau kelopak mata ketiga pada kucing menonjol atau muncul.

Penyebab Feline panleukopenia / distemper pada kucing Klik disini

Posting Komentar untuk "Kelopak Mata Ketiga pada Kucing - Membrana Nictitan pada Kucing"