Seberapa Besar Pengaruh Kesembuhan Ketika Anjing Menjilati Lukanya ?

Anda tentunya pernah melihat luka pada bagian tubuh tertentu anjing anda atau milik orang lain. Biasanya anjing akan menjilati bagian tubuhnya yang luka secara terus menerus apalagi jika bagian tersebut mudah dijangkau dengan mulutnya.

Banyak kontroversi mengenai manfaat jilatan anjing pada luka. Ada yang percaya bahwa luka pada anjing dapat sembuh ketika dijilat namun ada juga yang mengatakan hal tersebut hanya memperparah kondisi luka pada anjing.

Seberapa Besar Pengaruh Kesembuhan Ketika Anjing Menjilati Lukanya ?, luka pada anjing, anjing luka, fakta tentang anjing menjilat lukanya, anjing jilat luka, kenapa anjing menjilati lukanya, luka pada anjing, air liur anjing
Luka Pada Anjing

Kenapa anjing menjilat lukanya ?

Manusia biasanya menggaruk bagian tubuhnya yang mengalami luka demikianpun anjing melakukannya dengan cara menjilat. Hal itu diyakini memiliki efek atau pengaruh untuk menenangkan diri dari rasa sakit yang dirasakan. 

Apa manfaat anjing menjilati lukanya ?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa banyak orang yang percaya bahwa ketika anjing menjilat lukanya maka luka tersebut akan cepat sembuh namun banyak juga yang tidak percaya akan hal tersebut.

Ketika anjing menjilati lukanya peredaran darah ke daerah yang mengalami luka pada tubuh anjing akan semakin lancar, namun disaat yang bersamaan luka tersebut akan tetap lembab/basah dan kemungkinan area yang luka akan semakin membesar karena dijilat terus menerus.

Kondisi luka yang lembab atau basah sangat memudahkan pertumbuhan bakteri atau merupakan media yang baik untuk terjadinya infeksi. Ketika infeksi tidak ditangani maka kondisi luka akan menjadi semakin parah.

Seberapa Besar Pengaruh Kesembuhan Ketika Anjing Menjilati Lukanya ? Elisabeth collar pada anjing, collar anjing, cara mencegah anjing menjilati lukanya, anjing pakai collar, anjing jilat luka
Anjing Pakai Elisabeth Collar
 

Air liur anjing memang diyakini memliki sifat antimikroba namun perlu dipertimbangkan seberapa besar manfaat yang diperoleh dengan akibat yang ditimbulkan karena menjilat secara berlebihan.

Saat ini dunia kedokteran hewan sudah berkembang sangat pesat. Terdapat berbagai macam jenis pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi luka dengan cepat. 

Oleh karena itu hal penting yang dilakukan ketika anjing anda mengalami luka adalah segera mengidentifikasi lukanya seperti apa dan segera mencari cara pengobatan misalnya konsultasi langsung ke dokter hewan atau langsung membawanya ke dokter hewan terdekat.

Untuk luka terbuka yang cukup besar dan terjadi perdarahan yang hebat biasanya harus dilakukan penjahitan oleh dokter hewan namun jika lukanya kecil anda dapat membersihkannya menggunakan Nacl 0.9% kemudian di berikan antibiotik. Untuk lebih tepatnya diskusikan dengan dokter hewan anda.

Cara mencegah luka lebih besar pada anjing

Ketika anjing menjilati lukanya kemungkinan akan menyebabkan luka yang lebih besar oleh karena itu sebisa mungkin untuk mencegah agar luka tersebut tidak dijilati misalnya dengan menggunakan elisabeth collar. 

Cara Merawat Luka Pasca Operasi

Untuk anjing yang baru saja dioperasi sebaiknya menggunakan Elisabeth Collar selama satu atau dua minggu tergantung dari jenis operasinya. Anjing juga bisa dipakaikan baju untuk menutup luka operasi tersebut sehingga anjing tidak dapat menjilatinya.



Posting Komentar untuk "Seberapa Besar Pengaruh Kesembuhan Ketika Anjing Menjilati Lukanya ?"