Kenapa Anjing dan kucing Tidak Mau Makan ?

Sebagai pecinta anjing atau kucing sudah pasti anda menginginkan yang terbaik untuk sahabat berbulu anda. Ketika terjadi perubahan perilaku yang tidak biasanya pastinya anda bertanya-tanya apa yang sedang terjadi.

Salah satu permasalahan atau perubahan sikap yang sering terjadi ketika anda memelihara anjing dan kucing adalah ketika mereka tidak mau makan. Sebagian besar dari kita selalu menganggap bahwa kucing dan anjing kita sakit ketika tidak mau makan atau malas makan. 

Kenapa Anjing dan kucing Tidak Mau Makan ? kucing tidak mau makan, anjing tidak mau makan, kenapa anjing malas makan, kenapa kucing malas makan, anjing dan kucing sakit, penyebab anjing tidak mau makan, penyebab kucing tidak mau makan, anjing sakit, kucing sakit
 

Tidak semua penyabab anjing dan kucing tidak mau makan adalah sakit atau penyakit. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa anjing  dan kucing tidak mau makan.

Makanan Basi atau Kadaluwarsa 

Anjing dan kucing merupakan salah satu hewan yang mengandalkan penciuman. Saat diberikan makanan, anjing dan kucing akan membaui makanan tersebut terlebih dahulu baru memakannya.

Makanan basi tidak akan dimakan oleh anjing dan kucing peliharaan anda oleh karena itu tidak boleh memberikan makanan basi kepada mereka. Hal tersebut juga sangat tidak baik untuk kesehatan anjing dan kucing anda.

Ketika anjing dan kucing anda tidak mau makan cobalah untuk mencium makanan yang diberikan apabila makanan tersebut sudah basi atau bau cobalah untuk menggantinya dengan makanan yang baru.

Bau makanan yang menarik anjing dan kucing untuk makan pada makanan yang sudah kadaluwarsa juga telah menurun atau hilang sehingga menyebabkan anjing dan kucing tidak mau makan. 

Ketika anda cek makanan yang anda berikan tidak basi cobalah untuk melihat tanggal kadaluwarsa dari makanan tersebut. Segera ganti makanan dnegan yang baru apabila sudah kadaluwarsa. Cara ini khusus untuk makanan komersil yang biasa dibeli dari petshop.

Pilihan Makanan

Anjing dan kucing juga sama seperti manusia yang mudah merasa bosan terhadap makanan. Pilihan makanan yang monoton atau hanya satu jenis saja bisa menyebabkan anjing dan kucing anda tidak mau makan. 

Cobalah untuk melakukan eksperimen dengan menggunakan berbagai jenis makanan agar anjing dan kucing anda tidak hanya terpaku pada satu jenis makanan saja. 

Hal ini juga baik untuk mengatasi stok makanan yang kurang, misalnya ketika jenis makanan anjing yang sering diberikan stoknya habis di petshop.

Kenapa Anjing dan kucing Tidak Mau Makan ? kucing tidak mau makan, anjing tidak mau makan, kenapa anjing malas makan, kenapa kucing malas makan, anjing dan kucing sakit, penyebab anjing tidak mau makan, penyebab kucing tidak mau makan, anjing sakit, kucing sakit

 

Emosional Stressor

Stressor merupakan hal yang menyebabkan anjing dan kucing anda mengalami stres. Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan anjing dan kucing anda mengalami stress yang berujung tidak mau makan.

Perubahan posisi furnitur dalam rumah, baru saja berpindah rumah, ditinggal oleh pemilik, dipukul oleh pemilik atau orang, dan berbagai macam perubahan lainnya yang merupakan hal baru bagi anjing dan kucing anda dapat menimbulkan stress.

Oleh karena itu ketika anjing dan kucing anda tidak mau makan coba selidiki berbagai situasi yang terjadi pada anjing dan kucing anda atau rumah anda beberapa hari terakhir. Diskusikan dengan dokter hewan anda mengenai hal ini untuk lebih jelasnya.

Penyakit

Sama seperti manusia anjing dan kucing juga tidak mau makan ketika sedang sakit atau terinfeksi berbagai macam penyakit. Penyakit yang terjadi bisa disebebkan karena adanya infeksi bakteri, virus ataupun penyebab lainnya misalnya karena luka traumatik dibagian mulut.

Jika anda telah mengamati ketiga cara sebelumnya namun anda merasa semuanya berjalan dengan baik namun anjing anda masih tidak mau makan segera bawa anjing anda ke dokter hewan anda kemungkinan penyebabnya adalah hewan anda sedang sakit.

Posting Komentar untuk "Kenapa Anjing dan kucing Tidak Mau Makan ?"