Kenapa Kucing Melakukan Kneading (Seperti Memijat) ?

Para pecinta kucing pastinya sudah terbiasa melihat kucingnya melakukan gerakan seperti membolak-balikan adonan kue menggunakan bagian telapak kakinya.

Gerakan tersebut dinamakan kneading atau aktivitas kucing seperti meremas sesuatu pada permukaan yang lembut menggunakan kedua kaki depannya secara bergantian.

Gerakan tersebut juga terlihat seperti sedang mengayuh sepeda. Hal ini dilakukan oleh semua kucing baik pada umur kecil maupun sudah tua.

Hal tersebut terlihat sangatlah menggemaskan namun apakah anda tahu kenapa kucing melakukan hal tersebut ?

Banyak orang bertanya-tanya kenapa hal tersebut terjadi dan apa yang ingin diberitahu oleh kucing ketika mereka melakukan hal tersebut. Hal tersebut juga menimbulkan pertanyaan banyak peneliti yang sampai saat ini belum bisa dijawab.

Kenapa Kucing Melakukan Kneading (Seperti Memijat) ?, kucing memijat, gerakan memijat pada kucing, kucing seperti memijat,kucing mengayuh, kucing gerakan memijat

Namun berikut ini merupakan beberapa teori atau anggapan yang dipercaya kenapa kucing melakukan kneading atau gerakan seperti memijat menggunakan telapak kakinya secara bergantian.

Kebiasaan Sejak Kecil

Saat masih muda atau baru dilahirkan anak kucing sudah mulai melakukan gerakan meremas atau memijat (kneading) susu induknya. Hal itu dimaksudkan untuk menstimulasi produksi air susu induk sehingga menghasilkan lebih banyak air susu. 

Kebiasaan ini dibawa terus direkam/diingat secara terus menerus sampai kucing mengalami dewasa sehingga tidak heran kalau kcuing sering melakukan gerakan seperti meremas adonan kue atau memijit.

Perilaku Kucing Berabad-Abad Yang Lalu

Pada zaman dahulu ketika kucing belum didomestikasi, kucing masih hidup di alam liar atau hutan. Ketika kucing akan tidur, kucing harus menyiapkan tempat yang nyaman untuk dirinya.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kneading atau seperti meremas/memijat daerah yang akan digunakan untuk tempat tidur. Hal itu juga dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada duri, sampah atau barang-barang yang tajam yang dapat melukai /dirinya ketika kucing tersebut merebahkan badannya.

Kebiasaan tersebut diyakini terbawa oleh kucing sampai saat ini meskipun kucing telah didomestikasi atau dipelihara di rumah dan memiliki tempat tinggal yang nyaman.

Menandai Pemiliknya

Ketika kucing anda mendekati anda dan melakukan gerakan kneading maka kucing tersebut bermaksud untuk menandai anda sebagai pemiliknya. Hal itu tidak hanya dilakukan pada manusia saja, tetapi juga pada berbagai perabotan di rumah anda karena adanya kelenjar bau pada telapak kakinya.

Posting Komentar untuk "Kenapa Kucing Melakukan Kneading (Seperti Memijat) ?"